Jaga Rupiah, BI Tegaskan Tak Akan Kontrol Devisa

Djairan ยท Rabu, 01 April 2020 - 14:14 WIB
Jaga Rupiah, BI Tegaskan Tak Akan Kontrol Devisa

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Foto: Humas BI)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) menegaskan tidak akan mengubah rezim devisa bebas. Bank sentral tak akan mengontrol devisa meski kurs rupiah tengah tertekan akibat Covid-19.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pemberian kewenangan kepada BI dalam Perppu 1/2020 bukan untuk mengontrol devisa, melainkan hanya mengatur lalu lintas devisa saja.

“Ingat ini bukan kontrol devisa, Indonesia tidak akan menerapkan kontrol devisa” ujar Perry melalui video conference, Rabu (2/4/2020).

BI menegaskan rezim devisa bebas dipertahankan karena Indonesia masih butuh aliran modal asing sebagai likuiditas perekonomian. Investasi dalam bentuk portofolio sejauh ini masih tetap dibutuhkan untuk membiayai investasi dalam negeri, membiayai produksi serta membiayai berbagai kegiatan usaha yang dilakukan di Indonesia.

Dalam pasal 16 ayat 1 huruf e Perppu 1/2020, kata Perry, BI hanya diberikan kewenangan mengatur devisa hanya untuk WNI, bukan orang asing.

Dia enggan mengungkapkan kebijakan konkret apa yang akan dikeluarkan. Namun intinya, bakal ada mekanisme konversi dari dolar AS kepada rupiah.

"Bentuknya bisa seperti apa? Bisa kewajiban eksportir untuk mengkonversi dolarnya kepada rupiah," ujar Perry.

Editor : Rahmat Fiansyah