Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Dibuka untuk Umum

Rahmat Fiansyah ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 11:30 WIB
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Dibuka untuk Umum

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek, Kamis (12/12/2019). Meski sudah dinyatakan aman dilalui, masyarakat mesti bersabar karena tol sepanjang 38 kilometer (km) itu belum dibuka untuk umum.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tol itu baru akan dibuka beberapa hari lagi karena masih perlu dibersihkan dan dipastikan kelengkapan rambu-rambunya.

"Diusahakan lebih cepat lebih baik, tapi sebelum tanggal 20 Desember 2019 sudah bisa dipakai untuk umum tanpa tarif hingga masa libur Natal dan Tahun Baru," kata Basuki, Jumat (13/12/2019).

Dia menjamin konstruksi tol sudah selesai seluruhnya. Selain itu, kondisi jalan sudah aman setelah melalui serangkaian uji beban dan pengujian langsung dengan melintasi jalan tol tersebut.

"Untuk konstruksi dipastikan aman karena sudah dilakukan uji beban, tinggal menghaluskan bagian sambungan jembatan (expansion joint) untuk menambah kenyamanan," ucapnya.

Pria asal Solo itu menyebut meski aspek struktur jalan tol mampu untuk dilewati kendaraan bertonase besar, pemerintah akan membatasi jenis kendaraan yang boleh melintas tol layang Jakarta-Cikampek. Yaitu, kendaraan ringan golongan I dan II.

"Untuk itu akan dipasang portal batas ketinggian sehingga kendaraan bertonase besar tidak bisa masuk," ujarnya.


Editor : Rahmat Fiansyah