Jeff Bezos Masih Jadi Orang Terkaya Di Dunia

Koran SINDO ยท Senin, 11 Februari 2019 - 11:35 WIB
Jeff Bezos Masih Jadi Orang Terkaya Di Dunia

CEO Amazon Jeff Bezos masih menjadi manusia terkaya di dunia. (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id – Percaturan orang kaya dunia belum banyak berubah. Pendiri Amazon Jeff Bezos masih memuncaki peringkat manusia terkaya di dunia. Sementara itu ada lima warga negara Indonesia (WNI) yang masuk dalam 500 daftar Indeks Miliarder Bloomberg.

Bezos memang manusia fenomenal yang masih paling tajir di jagat raya ini. Total kekayaan Bezos hingga kemarin tercatat se besar 132 miliar dolar AS (Rp1.842 triliun). Kekayaan Bezos juga terakumulasi dari website ritel Zappos dan Audible yang menjadi platform untuk para vendor pihak ketiga dan menyediakan layanan komputasi cloud.

Sementara Amazon masih menjadi sumber kekayaan terbesarnya. “Amazon membuku kan pendapatan 233 miliar dolar AS pada 2018,” ucap laporan Bloomberg. Jeff Bezos memiliki 16 persen saham di Amazon yang merupakan peritel online terbesar di dunia. Dia juga memiliki perusahaan eksplorasi antariksa Blue Origin.

“Blue Origin bertujuan mengurangi biaya peluncuran, membawa jutaan orang bekerja di antariksa serta memindahkan industri dan manufaktur keluar dari bumi,” ujar Bloomberg. “Saat ini Bezos menguasai saham Blue Origin dan tidak bermaksud menjualnya,” kata CEO perusahaan dana ventura Space Angels, Chad Anderson.

Pejabat Blue Origin juga menjelaskan bahwa Bezos telah berinvestasi di Blue Origin sebesar 500 juta dolar AS. Menurut Bezos, dia mendanai Blue Origin dari hasil penjualan sekitar 1 miliar dolar AS saham Amazon. “Sejak 2002, dia menjual saham Amazon sekitar 7 miliar dolar AS,” kata data Bloomberg.

Bezos juga membayar 250 juta dolar AS untuk mengakuisisi Washington Post pada Agustus 2013. Kabar terbaru yang mengejutkan tentang Bezos adalah terkait perceraiannya dengan sang istri MacKenzie yang diumumkan di Twitter pada 9 Januari 2019. Belum ada kalkulasi dampak dari perceraian itu atas kekayaan Bezos.

Posisi Bezos diikuti pendiri Microsoft Bill Gates dengan kekayaan 95,9 miliar dolar AS (Rp1.338 triliun). Selain memiliki perusahaan software terbesar di dunia, Gates juga menguasai 1 persen Redmond, perusahaan yang berbasis di Washington. “Sisa kekayaannya dikelola Cascade Investment yang mengontrol saham-saham di puluhan perusahaan publik, termasuk Canadian National Railway, Deere, dan Ecolab,” ucap Bloomberg.


Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2 3