Jelang Nataru 2020, Kemenhub Gelar Uji Kelaikan Angkutan Laut

Ilma De Sabrini ยท Jumat, 15 November 2019 - 13:32 WIB
Jelang Nataru 2020, Kemenhub Gelar Uji Kelaikan Angkutan Laut

Pelabuhan Merak. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar uji kelaikan moda angkutan laut jelang Natal dan Tahun Baru 2020. Persiapan ini untuk meningkatkan kelancaran, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna angkutan laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo mengaku telah menginstruksikan seluruh jajarannya dari kepala kantor kesyahbandaraan utama hingga kepala kantor penyelenggara pelabuhan kelas I s.d. III untuk melakukan uji kelaikan dari 11 November sampai dengan 16 Desember 2019.

Instruksi uji kelaikan kapal tersebut dituangkan dalam Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor HK. 211/II/7/DJPL/2019 tanggal 11 November 2019 tentang Pemeriksan Kelaiklautan Kapal Penumpang.

"Selama masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut harus tetap menjadikan keselamatan dan keamanan pelayaran menjadi prioritas utama," kata Agus, Jumat (15/11/2019).

Agus juga menginstruksikan mereka untuk memberikan laporan kesiapan sarana angkutan laut. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan ketidaksesuaian major, maka harus diperbaiki paling lambat 23 Desember.

"Dan jika pada tanggal yang ditentukan kesesuaian belum dipenuhi, maka kapal tidak dapat beroperasi sampai dipenuhinya kelaiklautan kapalnya," ucapnya.

Selain itu, dia memerintahkan anak buahnya untuk terus mengawasi kondisi kapal penumpang hingga batas akhir posko Angkutan Nataru 2020.


Editor : Rahmat Fiansyah