Jelang SKD CPNS 2021, Petugas BKN Diminta Antisipasi Kecurangan

Dita Angga · Rabu, 01 September 2021 - 18:00:00 WIB
Jelang SKD CPNS 2021, Petugas BKN Diminta Antisipasi Kecurangan
Iustrasi tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2021. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

JAKARTA, iNews.id - Menjelang pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021 pada Kamis (2/9/2021), petugas Badan Kepegawaian Negara (BKN) diminta mengantisipasi kecurangan. 

Plt Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, juga mengingatkan agar para petugas yang mengawasi jalannya tes SKD CPNS 2021 di setiap titik lokasi dapat menjaga integritas dan transparansi.

“Sebagai petugas harus jujur, akuntabel, dan bertanggung jawab terhadap proses seleksi khususnya di titik lokasi. Jangan sampai ada penyalahgunaan sistem oleh siapa pun dan pihak mana pun,” kata Bima, seperti dikutip dari BKN.go.id, Rabu (1/9/2021).

Bima juga meminta agar pegawai BKN yang bertugas dalam pelaksanaan tes SKD CPND 2021 dapat memperhatikan dan mempersiapkan sarana-prasarana yang diperlukan di setiap titik lokasi, termasuk yang di luar kantor BKN.

Dia mengimbau setiap petugas menghindari perlakuan yang merugikan peserta, atau memberikan iming-iming atau janji kepada peserta, bahkan tak segan melaporkan jika terjadi penyimpangan oleh pihak manapun termasuk internal BKN.

“Saya minta agar pegawai BKN yang ditugaskan menjaga marwah Institusi, berikan pelayanan yang prima, jangan biarkan ada kecurangan dan jangan sampai ada oknum menjanjikan kelulusan bagi peserta di tilok. Kita sudah bertahun-tahun menjaga sistem CAT ini agar terus berdampak baik pada sistem rekrutmen ASN, jangan sampai dirusak dengan hal-hal semacam itu,” tutur Bima.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN Mohammad Ridwan menguraikan sejumlah persiapan teknis di internal BKN. Mulai dari menetapkan tim petugas CAT BKN dengan beberapa komposisi yakni Koordinator, Petugas IT, dan Pengawas. 

Kemudian tim Pendukung yang terdiri atas Tim Satpras, Tim Registrasi Peserta yang tidak ada panitia, Tenaga Kesehatan, Tenaga Keamanan Internal dan Eksternal dan Tenaga Kebersihan.

Ridwan juga menyampaikan ada beberapa rangkaian yang perlu disiapkan Tim Petugas CAT BKN di setiap tilok. Diantaranya seperti melakukan persiapan seleksi dengan panitia instansi dan memastikan sarana prasarana di tilok sesuai dengan ketentuan CAT dalam Peraturan BKN No.2/2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: