Jokowi Akan Gelar Event Internasional di Pulau Mori

Aditya Pratama ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 20:05 WIB
Jokowi Akan Gelar Event Internasional di Pulau Mori

Ilustrasi pariwisata. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah menawarkan investasi pariwista kepada Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed (MBZ) di Pulau Mori Sulawesi Tengah. Hal itu menindaklanjuti keinginan MBZ yang tertarik berinvestasi di pulau-pulau indah yang ada Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, potensi yang dimiliki Pulau Mori tidak kalah dibandingkan dengan kawasan Nusa Dua, Bali. "Itu memang seperti kawasan Nusa Dua, jadi di depannya ada pantai yang cantik banget belakangnya ada gunung. Nah ini memang indah sekali," ujar Luhut di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Bahkan, menurut Luhut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki rencana untuk menyelenggarakan event internasional Pulau Mori sekaligus sebagai ajang promosi untuk menarik investor. "Presiden berpikir kalau bisa ada (acara) G-20 atau Asean Meeting atau APEC Meeting di sana pada 2023. Kemarin dipaparkan konsep desain besarnya sudah jadi tinggal cari investor. Ada beberapa pilihan investor mau masuk," ucap Luhut.

Presiden Jokowi sebelumnya bertemu Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed, Minggu (12/1/2020). Pertemuan tersebut membahas sejumlah kerja sama kedua negara.

Luhut mengatakan, dalam pertemuan itu MBZ menyampaikan keinginannya agar dicarikan pulau di Indonesia dengan udara dingin dan pantai indah untuk berinvestasi di bidang pariwisata. Jokowi kemudian menawarkan Pulau Mori di Sulawesi Tengah.

Dia menuturkan, permintaan Mohamed Bin Zayed segera ditindaklanjuti dengan persiapan menjadikan wilayah itu ramah bagi investasi termasuk untuk UEA. Tanah Mori dinilai sesuai dengan keinginan Putra Mahkota UEA untuk investasi pariwisata karena wilayah yang terletak di Morowali, Sulawesi Tengah itu masih sangat alami.


Editor : Ranto Rajagukguk