Jokowi Akan Resmikan Runway 3 Bandara Soetta Sore Ini

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 23 Januari 2020 - 10:47 WIB
Jokowi Akan Resmikan Runway 3 Bandara Soetta Sore Ini

Pesawat mendarat dan lepas landas di Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan landasan pacu (runway) 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Kepala Negara dijadwalkan hadir sekitar pukul 17.00 WIB.

PT Angkasa Pura II (Persero) telah mengoperasikan penuh runway 3 Bandara Soetta sejak 20 Desember 2019. Dimensi runway baru itu mencapai 3.000x60 meter setelah diuji coba sejak Agustus 2019 dengan dimensi 2.500x45 meter.

Bandara Soetta sebelumnya mempunyai dua runway, yaitu Runway 1 di utara dan runway 2 di selatan. Kehadiran runway 3 yang berlokasi di selatan akan membuat lebih banyak pesawat bisa mendarat (landing) dan lepas landas (take off).

AP II menyebut, adanya runway 3 membuat kapasitas pesawat yang bisa mendarat di bandara mencapai 100 pesawat per jam. Dengan dua runway, bandara Soetta menampung 75 pesawat per jam.

M. Awaluddin, Direktur Utama AP II mengatakan kehadiran runway 3 menghemat bahan bakar pesawat antara Rp70-75 juta per bulan per pendaratan. Pasalnya, pesawat tak perlu lagi berlama-lama di udara (airborne holding) untuk mengantre pendaratan.

"Setelah landing, langsung dilakukan route ke parking stand dengan lebih cepat," kata Awaluddin.


Editor : Rahmat Fiansyah