Jokowi Bakal Serahkan Draf Omnibus Law ke DPR Pekan Depan

Muhammad Aulia ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 15:03 WIB
Jokowi Bakal Serahkan Draf Omnibus Law ke DPR Pekan Depan

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menyerahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dan Omnibus Law Perpajakkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pekan depan. Hal ini bertujuan agar pemerintah bersama dengan DPR dapat secepatnya melakukan pembahasan kebijakan bersama.

"Maksimal minggu depan kita mengajukan ke DPR yang namanya Omnibus Law," ucap Jokowi di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta pada Kamis (16/01/2020).

Jokowi mengungkapkan, Omnibus Law sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah perekonomian yang sudah ada sejak lama di Indonesia, yakni defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan. Dua masalah tersebut dalam perkembangannya sulit untuk diselesaikan karena banyaknya aturan yang menghambat. 

"Perubahan dunia sangat cepat, tiap hari dan tiap detik. Tapi kita masih banyak aturan yang menghambat dalam merespon (perubahan dunia)," ujar Jokowi.

RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja sendiri akan merevisi sebanyak 79 Undang-Undang (UU) yang memiliki 1.244 pasal. Nantinya, beberapa substansi dari UU dan pasal tersebut direvisi demi melancarkan kegiatan investasi di Indonesia.

Jokowi menekankan Omnibus Law yang digencarkan oleh pemerintahannya dapat meningkatkan kepercayaan kalangan investor asing kepada Indonesia. Oleh sebab itu, Jokowi menekankan pentingnya mensimplifikasi aturan agar dapat memperkuat daya saing perekonomian Indonesia.

Jokowi juga mengklaim dengan disahkannya Omnibus Law, perekonomian Indonesia juga dapat selalu adaptif dalam menyikapi dinamika ekonomi global.

"Sudah saya sampaikan ke DPR, mohon ini bisa diselesaikan maksimal dalam 100 hari," tutur Jokowi.


Editor : Ranto Rajagukguk