Jokowi Buka Suara soal Alasan 3 Tokoh Dunia Masuk Dewan Pengarah Ibu Kota Baru

Muhammad Aulia ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 16:58 WIB
Jokowi Buka Suara soal Alasan 3 Tokoh Dunia Masuk Dewan Pengarah Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi (tengah) didamping sejumlah menteri dan kepala lembaga negara. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tiga tokoh besar dunia untuk bergabung ke dalam struktur dewan pengarah ibu kota baru RI. Menurut Presiden, ketiganya adalah figur yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Ketiga orang tersebut yaitu putra mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ), Founder & CEO SoftBank Masayoshi Son, dan Perdana Menteri Inggris 1997-2007 Tony Blair.

"Pembangunan (ibu kota baru RI) itu perlu kepercayaan internasional," kata Presiden di Ritz Carlton Pacific Plaze, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

BACA JUGA:

Ini Peran 3 Tokoh Dunia Masuk Dewan Pengarah Ibu Kota Baru

Mantan gubernur DKI Jakarta itu merinci kompetensi ketiga tokoh dunia tersebut. Meski kontroversial, Tony Blair dinilai Jokowi memiliki pengalaman mumpuni di bidang politik dan pemerintahan.

"Sedangkan Mohamed bin Zayed Al Nahyan memiliki reputasi dunia yang baik dan berpengalaman merombak Abu Dhabi dan membangun kota baru Masdar City," ucapnya.

Adapun Masayoshi Son, Jokowi menegaskan Indonesia butuh figur dengan pengalaman mengelola keuangan yang baik serta wawasan teknologi yang luas. Peran Son bakal penting dalam pembangunan ibu kota di Kalimantan Timur.

"Masayoshi memiliki reputasi baik di bidang teknologi dan keuangan. Figur ini diperlukan," ujar Jokowi.

Editor : Rahmat Fiansyah