Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Menkop Teten: Bukan Anti Impor

Michelle Natalia ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 19:14:00 WIB
Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Menkop Teten: Bukan Anti Impor
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Arif Budianto)

JAKARTA, iNews.id - Keberpihakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap produk lokal sangat tinggi. Bukan saja dari sisi kebijakan afirmasi pemerintah, tapi juga ingin mengajak swasta, usaha besar dan masyarakat Indonesia agar berpihak kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) atau produk lokal.

Oleh karena itu, Jokowi meminta ruang strategis di area publik dan pusat-pusat perdagangan milik swasta diberikan kepada UMKM ketimbang produk impor baik di pusat perbelanjaan maupun platform perdagangan digital. "Pernyataan Pak Jokowi adalah bentuk afirmasi peran negara untuk memberi peluang lebih besar kepada produk lokal. Apalagi, di saat banyak pelaku UMKM produsen produk lokal mengalami penurunan penjualan karena dampak pandemi Covid-19," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki merespons pernyataan Jokowi di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan perlunya ajakan untuk mencintai produk-produk Indonesia. Dia juga sempat bilang tidak cukup cinta produk lokal, tapi juga benci produk-produk dari luar negeri.

“Presiden menyampaikan hal ini karena beliau menilai masih ada ketidakberpihakan kepada produk lokal UMKM dalam praktik di pusat perbelanjaan maupun perdagangan digital.  Presiden mengajak kita membela, melindungi, dan memberdayakan UMKM agar naik kelas,” katanya.

Teten menambahkan, Jokowi selalu memikirkan nasib produk lokal setiap kali berkunjung ke pusat perbelanjaan di Jakarta maupun kota-kota besar lainnya. Presiden sering melihat lokasi strategis dikuasai oleh merek luar yang terkenal. 

“Itulah alasan Presiden selalu menyampaikan, kapan merek lokal akan naik kelas kalau di negerinya sendiri tidak diberi tempat terbaik?” ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2