Jokowi Geram Ada Impor Cangkul, Menko Airlangga: Itu Urusan Teknis

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 07 November 2019 - 16:05 WIB
Jokowi Geram Ada Impor Cangkul, Menko Airlangga: Itu Urusan Teknis

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: iNews.id/Ilma De Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto merespons kejengkelan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal adanya impor cangkul. Dengan produk semacam itu, pasar dalam negeri seharusnya bisa memenuhinya. 

Airlangga mengatakan, persoalan impor cangkul lebih bersifat teknis. Itu artinya, banyak pembeli yang memang menginginkan cangkul dari luar negeri.

"Cangkul itu urusan teknis.  Kalau industri dalam negeri sendiri secara teknis bisa memproduksi dan itu tentunya bagian yang diperlukan adalah seperti yang disampaikan Pek Presiden,” kata Airlangga usai rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019).

Politikus Partai Golkar itu juga menyebut salah satu perusahaan pelat merah yaitu PT Barata Indonesia (Persero) mampu memproduksi cangkul dalam jumlah besar. Dengan demikian, sekalipun ada permintaan besar, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini bisa memenuhinya.

"Kalau produksi ya Barata bisa memproduksi," ucapnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan keheranannya terhadap impor cangkul dalam pengadaan barang dan jasa. Jokowi juga mempertanyakan alasan impor cangkul.

Jokowi meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk memprioritaskan produk yang komponennya berasal dari dalam negeri dengan kualitas tinggi. "Urusan pacul, cangkul, masak masih impor!" tegas Jokowi dalam pidatonya saat membuka acara tersebut.


Editor : Ranto Rajagukguk