Jokowi Ingin Indonesia Bebas Covid-19, Minta Rakyat Dukung Vaksinasi

Antara · Kamis, 25 Februari 2021 - 15:25:00 WIB
Jokowi Ingin Indonesia Bebas Covid-19, Minta Rakyat Dukung Vaksinasi
Presiden Jokowi melihat tenaga pendidik disuntik vaksin Covid-19. (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak untuk mendukung program vaksinasi Covid-19. Hal Ini agar Indonesia terbebas dari pandemi.

"Saya harapkan partisipasi dari seluruh pihak untuk mendukung vaksinasi ini. Indonesia harus segera aman dari Covid-19. Dan kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita termasuk berada di barisan yang terdepan dalam menangani krisis yang melanda seluruh dunia ini," katanya di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu bangga Indonesia menjadi salah satu negara terdepan di Asia dalam menggelar vaksinasi Covid-19. "Kita bekerja keras untuk memperoleh vaksin yang sedang diperebutkan oleh negara-negara di seluruh dunia,” ujarnya.

Menurut Presiden, vaksinasi menjadi kunci pemulihan ekonomi. Dia juga meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Serta melaksanakan kebijakan 3T yakni testing (pengujian), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan)," katanya.

Tak hanya vaksinasi, pemerintah juga menyiapkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Presiden mengatakan, APBN 2021 banyak diarahkan pada program seperti bantuan sosial, Program Keluarga Harapan (PKH), kartu prakerja, bantuan produktif UMKM, hingga restrukturisasi kredit perbankan.

“Kecepatan dalam proses penanganan krisis kesehatan ini juga selaras dnegan pemulihan ekonomi nasional,” ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah