Presiden Jokowi Kesal Tol Laut Dimonopoli, Kemenhub Jajaki Kerja Sama dengan Gojek

Antara ยท Minggu, 03 November 2019 - 12:50 WIB
Presiden Jokowi Kesal Tol Laut Dimonopoli, Kemenhub Jajaki Kerja Sama dengan Gojek

Tol Laut. (Foto: Okezone)

YOGYAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal karena program tol laut yang disubsidi pemerintah malah dimonopoli satu perusahaan swasta. Untuk mengatasi hal itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggandeng perusahaan teknologi, Gojek.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Capt. Wisnu Handoko mengatakan, kerja sama dengan Gojek selaras dengan program Digitalisasi Pelayanan (Dilan) dengan menggunakan aplikasi digital. Dengan digitalisasi, pemesanan kontainer bisa dilakukan secara transparan dan dapat membagi muatan secara adil kepada shipper yang ada di daerah Terpencil, Tertinggal, Terluar, dan Perbatasan (3TP).

"Platfom digital ini diharapkan dapat memberikan peluang yang lebih mudah karena masyarakat Indonesia sudah mulai terbiasa menggunakan aplikasi seperti Gojek untuk berbagai pemesanan transportasi," katanya, Minggu (3/11/2019).

Menurut Wisnu, kerja sama ini bisa menjadi solusi untuk menghentikan praktik monopoli program tol laut yang dikritisi Presiden Jokowi. Dia menilai, program tol laut penting karena selama ini disparitas harga barang yang sangat signifikan di wilayah timur Indonesia.

Berdasarkan identifikasi Kemenhub, potensi monopoli terjadi di Maluku dan Papua. Kemenhub, kata Wisnu, akan mendalami kedua wilayah ini, terutama Papua.

"Oleh sebab itu, kami menjajaki kerja sama dengan Gojek untuk menghentikan monopoli yang terjadi di penyelenggaraan tol laut agar manfaat subsidi yang digelontorkan pemerintah ini tepat sasaran dan mampu menurunkan disparitas harga antara Indonesia Bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur," tuturnya.


Editor : Rahmat Fiansyah