Jokowi-Ma’ruf Menang Telak di TPS Kompleks Menteri

Rully Ramli · Rabu, 17 April 2019 - 16:05 WIB
Jokowi-Ma’ruf Menang Telak di TPS Kompleks Menteri

Pasangan calon (paslon) presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul atas paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di TPS kompleks menteri. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Pasangan calon (paslon) presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul atas paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di tempat pemungutan suara (TPS) 01, kawasan kompleks menteri, Widya Chandra, Jakarta. Jokowi unggul dengan selisih 71 suara.

Penghitungan dilakukan oleh Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 01 Dennie Sastrapradja di Jalan Widya Chandra Raya, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). Penghitungan itu disaksikan oleh para saksi dan petugas Panwaslu.

Usai pembacaan hasil surat suara, terlihat paslon 01 unggul dengan perolehan 127 suara. Sedangkan, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya meraih 56 suara. Dua surat suara lainnya tidak sah, sehingga total pemilih di TPS 01 ada 185 suara.

"Jadi dari 205 DPT (Daftar Pemilih Tetap), kita tadi TPS 01 untuk presiden, perolehannya 127 untuk pemilih 01 dan 56 untuk 02. Dan tidak sah dua," ujar Dennie di TPS 01, Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (17/4/2019).

Dennie menjelaskan, banyak DPT TPS 01 yang memutuskan untuk memilih di tempat lain. Selain itu, masih kurangnya edukasi kepada para pemilih tambahan di kawasan tersebut juga menjadi alasan belum maksimalnya pemilih terdaftar untuk menggunakan hak suaranya.

Oleh karenanya, Dennie menilai perlu adanya evaluasi lebih untuk pemilu ke depannya, khususnya mengenai edukasi pemilih tambahan.

"Mereka bilang, saya hanya tau memberikan KTP saja tapi, ternyata bukan Itu. Masalahnya ada prosedur yang harus dilakukan tapi tidak dilakukan," ujarnya.


Editor : Ranto Rajagukguk