Jokowi Puji Basuki Hadimuljono karena Rajin Lelang Dini Proyek APBN

Muhammad Aulia ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 19:35 WIB
Jokowi Puji Basuki Hadimuljono karena Rajin Lelang Dini Proyek APBN

Presiden Jokowi (kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) melakukan penanaman pohon usai peresmian Terowongan Nanjung, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020). (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Jokowi melontarkan pujian kepada Basuki Hadimuljono. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu rajin melelang proyek APBN sedini mungkin.

"Saya sangat menghargai mengapresiasi apa yang sudah dilakukan, artinya anggaran modal yang ada di Kementerian PU bisa dilaksanakan programnya selama awal-awal tahun ini,” ujar Jokowi di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Presiden meminta seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah (pemda) mengikuti apa yang dilakukan Kementerian PUPR. Jangan sampai tender proyek dibuka menjelang akhir tahun.

“Jangan sampai kita sudah mepet di akhir tahun, baru dikerjakan. Ini yang banyak di lakukan oleh, masih banyak dilakukan oleh, kementerian, juga pemerintah daerah,” ujar Presiden.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, lelang dini bisa dilakukan sebelum APBN atau APBD tahun berjalan. Dengan demikian, proses lelang bisa selesai pada tahun sebelumnya dan dikerjakan pada awal tahun.

”Akhirnya nanti kualitas setiap bangunan, konstruksi itu akan kita dapatkan sebuah kualitas yang baik tidak kejar-kejaran di akhir tahun,” ujarnya.

Presiden ingin tradisi lelang menjelang tutup APBN atau APBD segera dihilangkan. Dia menilai, uang pemerintah sudah seharusnya berdampak positif bagi rakyat sebagai pembayar pajak. Dia mencontohkan, pada 2020 anggaran kementerian PUPR mencapai Rp120 triliun.

”Itu memang dipakai untuk pembangunan infrastruktur dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote,” ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah