Jokowi Sebut Pembangunan Sektor Perekonomian Harus Dukung Mitigasi Bencana

Isna Rifka Sri Rahayu · Jumat, 16 Agustus 2019 - 12:28 WIB
Jokowi Sebut Pembangunan Sektor Perekonomian Harus Dukung Mitigasi Bencana

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia memiliki wilayah yang dikelilingi oleh ring of fire (cincin api) sehingga rentan terhadap bencana alam. Hal ini dapat membuat Indonesia mudah tergoyahkan perekonomiannya selain dari ketidakpastian global.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, hampir seluruh wilayah Indonesia merupakan wilayah rentan bencana seperti gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, tsunami, kebakaran hutan, dan banjir. Oleh karena itu sikap sigap dan waspada menghadapi ketidakpastian sangatlah penting.

"Kapasitas kita dalam mengelola risiko menghadapi gejolak ekonomi global mengelola bencana yang tidak terduga harus kita perkuat," ujarnya di Gedung DPR MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Oleh karenanya, pembangunan di berbagai sektor perekonomian harus sensitif terhadap berbagai risiko. Salah satunya, infrastruktur yang harus disiapkan guna mendukung mitigasi risiko bencana.

Selain itu, masyarakat juga harus waspada dan sadar akan risiko yang ada. Hal ini agar membantu pemerintah dalam menghadapi bencana dan memulihkan perekonomian kembali pasca terjadinya bencana.

"Dunia yang kita huni bersama tidak selamanya mulus dan stabil. Tidak semuanya selalu pasti dan tidak selalu terduga sebelumnya," kata dia.

Menurut dia, dunia tidak selamanya mulus dan stabil, akan selalu ada kejadian yang tidak terduga sebelumnya. Apalagi saat ini Indonesia sedang menghadapi dinamika ekonomi global yang terus bergejolak dan menghadapi perubahan geopolitik.

"Krisis ekonomi melanda beberapa belahan dunia, krisis iklim mengancam dunia kerusakan lingkungan menjadi ancaman kita bersama," tutur dia.


Editor : Ranto Rajagukguk