Jokowi: Tol Kunciran-Serpong Akan Integrasikan Kawasan Industri Jakarta dan Banten 

Aditya Pratama · Jumat, 06 Desember 2019 - 17:40 WIB
Jokowi: Tol Kunciran-Serpong Akan Integrasikan Kawasan Industri Jakarta dan Banten 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ruas Kunciran-Serpong. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ruas Kunciran-Serpong. Dengan diresmikan ruas tol ini, maka dalam waktu dekat tol tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan jalan tol Kunciran-Serpong," ujar Jokowi di Pintu Tol Parigi, Tangerang Selatan, Jumat (6/12/2019).

Jokowi menambahkan, pembangunan jalan tol tersebut akan mempercepat konektivitas Banten ke Jakarta maupun sebaliknya. Tol tersebut juga diharapkan mampu mengurangi kemacetan yang terjadi.

Selain itu pembangunan jalan tol juga dapat memberikan efisiensi waktu serta bahan bakar minyak yang terbuang jika terjadi kemacetan. "Kedua dengan selesainya jalan Tol Serpong- Kunciran ini, kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten ini akan semakin terintegrasi," kata Jokowi.

Distribusi logistik pun dinilai akan lebih lancar, terutama distribusi barang yang melalui Pelabuhan Merak. Jalan tol akan menyambungkan sentra-sentra produksi dan sentra distribusi.

"Makin tersambung artinya akan makin efisien, yang artinya daya saing kita akan semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk-produk kita akan semakin meningkat," kata Presiden Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerangkan, ruas Kunciran-Serpong dibangun oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) yang konstruksinya dibangun 2017 dengan lelang pertama 2007 dan ditandatangani tahun 2008, dan selama 10 tahun dan baru dibangun.

"Pembangunan dengan investasi Rp4 Triliun dengan konsesi 35 tahun. 60 persen PT Jasa Marga, 40 Grup Astra Trans Utama dan bank swasta lainnya," ucap Basuki.

Editor : Ranto Rajagukguk