Kadin Roadshow ke AS Bahas Perdagangan dan Investasi

Ranto Rajagukguk ยท Selasa, 01 Oktober 2019 - 21:51 WIB
Kadin Roadshow ke AS Bahas Perdagangan dan Investasi

Delegasi Kadin Indonesia Komite Amerika Serikat (KIKAS) yang dipimpin Prasetyo Singgih, Vice Chairman KIKAS, Ketua Delegasi KIKAS USA Roadshow 2019 (tengah) melakukan lawatan 6 kota di Amerika Serikat dari 25 September hingga 21 November 2019 dengan

JAKARTA, iNews.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambangi Amerika Serikat (AS) guna mengikuti forum bisnis dan pertemuan dengan institusi pemerintah dan swasta. Hal ini seiring pelaksanaan Kadin Indonesia Komite Amerika Serikat (KIKAS) 2019 USA Roadshow. 

Roadshow KIKAS akan berlangsung dari 25 September-21 November 2019 dengan mengunjungi enam kota di Amerika Serikat, yaitu New York, Washington, D.C., Atlanta, Los Angeles, Chicago dan San Francisco dengan agenda berbagai kegiatan forum bisnis, business networking session, company visit, high level roundtable meeting dan courtesy call kepada pejabat-pejabat dan pelaku bisnis di Amerika Serikat.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta Kamdani menyatakan, AS adalah partner penting bagi Indonesia terutama dalam bidang perdagangan dan investasi karena menjadi tujuan ekspor terbesar kelima dan investor terbesar ketujuh. “Hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara ini saling melengkapi. Indonesia tidak memproduksi apa yang Amerika Serikat produksi dan juga sebaliknya,“ kata Shinta

Shinta berharap hubungan ekonomi antara AS dan Indonesia bisa lebih diperkuat terutama dalam bidang perdagangan dan investasi. AS merupakan mitra dagang terbesar keempat bagi Indonesia, setelah China, Jepang dan Singapura. Sementara itu, Prasetyo Singgih, Ketua Pelaksana KIKAS 2019 USA Roadshow menjelaskan, rangkaian kegiatan ini adalah inisiatif dari Kadin Indonesia Komite Amerika Serikat bekerja sama dengan perwakilan-perwakilan Indonesia di AS dan juga beberapa asosiasi bisnis seperti American Indonesian Chamber of Commerce (AICC), U.S. Chamber of Commerce, U.S. Indonesia Society (USINDO) dan U.S. – ASEAN Business Council.” Prasetyo Singgih menilai KIKAS 2019 USA Roadshow sangat strategis dalam meningkatkan hubungan bilateral yang kuat dengan AS terutama melalui peningkatan kerjasama perdagangan dan investasi.

Sebagai informasi, roadshow dimulai dengan forum bisnis digelar di New York dan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani serta para pelaku bisnis dari Indonesia maupun AS.

Editor : Ranto Rajagukguk