Karawang Dapat Bantuan Alsintan dan Asuransi Pertanian dari Kementan

Ranto Rajagukguk ยท Selasa, 26 Maret 2019 - 15:57 WIB
Karawang Dapat Bantuan Alsintan dan Asuransi Pertanian dari Kementan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto: iNews.id)

KARAWANG, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan perhatian khusus terhadap pertanian Karawang, Jawa Barat. Perhatian diwujudkan dalam pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dan asuransi pertanian.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menuturkan, bantuan alsintan berupa traktor roda dua sebanyak 24 unit, cultivator lima unit, pompa air lima unit dan hand sprayer 10 unit. Selain itu, juga ada Dukungan Kawasan Sayuran lainnya (Aneka Cabai, Benih Jagung Manis, dan Benih Buah), Benih Kelapa, Domba, Ayam untuk KSTM, Benih Cengkeh, Benih Lada, dan Pengembangan serta Penumbuhan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Amran terus mengupayakan agar bantuan bisa tersalurkan secara cepat tanpa melalui jalur birokrasi yang panjang. “Kalau hari ini butuh, harus segera dikirim. Ini kabinet kerja, bukan (kabinet) penebar janji. Aku tidak akan datang hari ini kalau bantuannya tidak siap,” ujar Amran dalam keterangannya, Selasa (26/3/2019).

Dia menambahkan, selama 4,5 tahun ini sudah melakukan secara optimal untuk menuju swasembada pangan dan bahkan ekspor. Bahkan ekspor pertanian sampai saat ini telah meningkat hingga 29 persen.

"Itu hasil kerja bapak ibu sekalian. Pendapatan kita naik dari Rp900 triliun tahun 2014 meningkat menjadi Rp1.462 triliun, itu peningkatan luar biasa," ujarnya.

Ke depan, lanjut Amran, pihaknya akan mempercepat bantuan untuk masyarakat yang di bawah garis kemiskinan dengan memberikan 50 ekor ayam untuk satu rumah tangga, pakan gratis selama enam bulan, beserta kandangnya.

"Bapak Presiden berpesan beliau sangat mencintai petani bukti nyata beliau bantuan langsung dan bantuan meningkat luar biasa," tuturnya.

Selain Alsintan, Kementan juga memberikan  bantuan asuransi pertanian senilai Rp281,34 juta untuk lahan pertanian seluas 46.89 hektare.

“Kepada kelompok tani yang mendapatkan bantuan ini, kami harap agar dapat dipergunakan semestinya. Alat pertanian ini harus dijaga dengan baik serta dirawat selepas pemakaian. Mudah-mudahan dengan alat ini hasil yang diperoleh petani bisa lebih meningkat lagi,” ujar Dirjen PSP Kementan Sarwo Edhy.


Editor : Ranto Rajagukguk