Kelompok Bahan Makanan Beri Sumbangan Terbesar Inflasi Desember 2019

Aditya Pratama ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 15:14 WIB
Kelompok Bahan Makanan Beri Sumbangan Terbesar Inflasi Desember 2019

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi yang terjadi di tanah air pada Desember 2019 sebesar 0,34 persen. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi yang terjadi di tanah air pada Desember 2019 sebesar 0,34 persen. Penyebab inflasi yang terjadi di komoditas dan beberapa yang terjadi deflasi.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, seluruh kelompok komoditas terjadi pengeluaran inflasi kecuali pendidikan, rekreasi dan olahraga sebagai satu-satunya kelompok pengeluaran yang  mengalami deflasi 0,05 persen.

"Dari komposisi per kelompok pengeluaran, Suhariyanto menyatakan, inflasi tertinggi terjadi pada bahan makanan, kemudian yang kedua transportasi, komunikasi dan jasa keuangan," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (2/1/2020).

Untuk kelompok bahan makanan, pada Desember 2019 mengalami inflasi sebesar 0,78 persen. Andilnya kepada inflasi Desember 2019 sebesar 0,16 persen.

"Komoditas yang dominan memberikan andil sumbangan inflasi terhadap bahan makanan itu yang pertama adalah telur ayam ras sebesar 0,08 persen, bawang merah andilnya 0,07 persen, ikan segar 0,02 persen dan beberapa sayuran seperti beras, bayam, kacang panjang, dsb masing-masing 0,01 persen," kata dia.

"Sebaliknya, ada beberapa komoditas yang dominan memberikan andil kepada deflasi karena mengalami penurunan harga yakni cabai merah andilnya kepada deflasi 0,06 persen, cabai rawit 0,03 persen dan daging ayam ras 0,01 persen," Suhariyanto menambahkan.

Untuk kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,29 persen dan memberikan sumbangan kepada inflasi 0,05 persen. "Komoditas yang dominan menyumbang inflasi dari kelompok ini adalah rokok kretek, rokok kretek filter dan rokok putih masing masing 0,01 persen. Meskipun kenaikan rokok baru terjadi awal Januari ini tapi kita bisa melihat beberapa bulan terakhir harga rokok masing masing sudah memberikan andil kepada inflasi 0,01 persen," ucapnya.

Untuk kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar memberikan sumbangan kepada inflasi sebesar 0,09 persen. Sementara itu, untuk kelompok sandang serta pendidikan, rekreasi dan olahraga menyumbangkan deflasi 0,05 persen, sedangkan untuk sumbangannya kepada inflasi 0 persen.

"Tetapi pada kelompok ini ada komoditas yang memberikan andil kepada deflasi emas perhiasan yang mengalami penurunan harga dan memberikan andil ke deflasi 0,01 persen," tuturnya.

Untuk sektor transportasi juga mengalami inflasi sebesar 0,58 persen dan andilnya kepada inflasi Desember 2019 sebesar 0,1 persen. "Komoditas yang dominan karena banyak liburan, natal dan tahun baru, tarif angkutan udara yang andilnya kepada inflasi 0,07 persen, tarif kereta api andilnya 0,02 persen, dan tarif angkutan antar kota yang andilnya 0,01 persen," ucap dia.


Editor : Ranto Rajagukguk