Kemenaker Usulkan Jam Kerja PNS Fleksibel, Masuk Tak Harus Pukul 07.30

Rully Ramli ยท Rabu, 07 Agustus 2019 - 15:20 WIB
Kemenaker Usulkan Jam Kerja PNS Fleksibel, Masuk Tak Harus Pukul 07.30

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengusulkan agar jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih fleksibel. (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengusulkan agar jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih fleksibel. Dengan demikian, PNS tidak perlu dijadwalkan masuk kerja pukul 07.30.

"Sebenarnya sih kita mengarahnya ke fleksibilitas. Jadi ada beberapa K/L yang waktu (masuk) tidak dimulai jam 07.30, ini mungkin bisa jadi alternatif," kata Staf Ahli Kemnaker bidang Ekonomi dan SDM Aris Wahyudi, di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Adapun jam fleksibel yang dimaksud oleh Aris, PNS tetap memiliki rata-rata jam kerja yang sama, yakni 8 jam. PNS hanya perlu menyesuaikan jam masuk mereka dengan jam kepulangannya, dengan rentang waktu 8 jam.

Kemenaker sendiri saat ini sudah mulai melakukan penyesuaian tersebut. Dengan begitu, pegawai Kemenaker tidak lagi diwajibkan masuk pukul 07.30.

"Tapi nanti konsekuensinya pulangnya lama. Bukan jam 4 sore, tapi 16.30. Yang penting terpenuhi 8 jam," katanya.

Menurut Aris, jam kerja yang lebih fleksibel ini juga dapat mengurangi tingkat kemacetan. Sebab, PNS tidak lagi terfokus untuk masuk kerja pukul 07.30.

Selain itu, dengan adanya kemajuan teknologi juga dinilai mampu mempermudah kerja PNS di luar kantor. "Jadi yang penting kan penyelesaian pekerjaan," ucap Aris.

Sebagai informasi, aturan mengenai jam kerja PNS saat ini diatur dalam Pasal 3 angka 11 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.


Editor : Ranto Rajagukguk