Kemenhub Catat Jumlah Penumpang di Pelabuhan Sampit Naik 40 Persen saat Nataru

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 10:14 WIB
Kemenhub Catat Jumlah Penumpang di Pelabuhan Sampit Naik 40 Persen saat Nataru

Selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), jumlah penumpang di pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah mengalami peningkatan 40 persen. (Foto: Dok Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), jumlah penumpang di pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah mengalami peningkatan 40 persen. Hal tersebut berdasarkan data yang dihimpun oleh Posko Terpadu Angkutan Laut Nataru. 

Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut mengklaim kenaikan tersebut cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu. "Berdasarkan hasil pantauan Posko Nataru dari seminggu yang lalu menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, total jumlah penumpang hingga hari ini berjumlah 3.084 orang atau meningkat sebesar 40 persen dibandingkan dengan tahun 2018," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit Thomas Chandra melalui keterangan tertulis, Senin (30/12/2019). 

Dia mengungkapkan, pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut. Pengawasan akan terus dilakukan secara berkala oleh pihaknya guna menjamin keselamatan para penumpang. 

Pengecekan alat-alat keselamatan dan navigasi juga diperhatikan oleh tiap ABK Kapal. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. 

"Kami bersama dengan PT Pelindo, PT Pelni dan PT DLU berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik, hal ini kami lakukan hanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang," ucapnya. 

Ditjen Perhubungan Laut mengungkapkan dalam liburan Nataru 2020 di pelabuhan Sampit telah disiapkan empat kapal. Empat kapal tersebut yaitu KM Kelimutu, KM Kirana I, KM Kirana III dan KM Bhari Indonesia yang telah melalui Uji Petik.


Editor : Ranto Rajagukguk