Kemenhub Kaji Subsidi Rapid Test ke Penumpang Kereta Api

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 17 September 2020 - 20:13 WIB
Kemenhub Kaji Subsidi Rapid Test ke Penumpang Kereta Api

Kemenhub akan mengkaji pemberian subsidi biaya rapid test bagi penumpang kereta api (KA). (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengkaji pemberian subsidi biaya rapid test Covid-19 bagi penumpang kereta api (KA). Meski begitu, wacana ini masih dalam tahap diskusi atau kajian. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menyebut, di tengah pandemi Covid-19, pemerintah terus mendorong operasional angkutan agar bertahan dengan memberikan subsidi. Kemenhub masih mendiskusikan pelaksanaan wacana subsidi biaya rapid test ini. 

"Termasuk subsidi rapid test ke penumpang KA ini upaya untuk memberikan kepercayaan terhadap penumpang KA," ujar Zulfikri dalam webinar, Kamis (17/9/2020). 

Selama pandemi Covid-19, traffic perjalanan dan penumpang KA terkena dampak yang cukup signifikan. Saat ini, okupansi KA antarkota dan lokal per perjalanan adalah 47 persen dengan jumlah penumpang sekitar 68.000 orang per hari.

Pada September tahun ini, angkanya semakin menurun. Okupansinya hanya 27 persen dengan jumlah penumpang sekitar 19.000 orang per hari. "Bahkan menjelang September semakin menurun jumlahnya meski perjalanan ditambah," ujarnya. 

Demikian pula dengan jumlah penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) yang biasanya mencapai 1 juta orang per hari, anjlok menjadi 415.000 orang dengan okupansi 27 persen.

Editor : Ranto Rajagukguk