Kemenhub Pastikan Ruas Jalan di Lokasi Wisata Akan Padat hingga Besok

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 14:02 WIB
Kemenhub Pastikan Ruas Jalan di Lokasi Wisata Akan Padat hingga Besok

Ketua Harian Posko Angkutan Lebaran Kemenhub Gede Pasek Suardika. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan melaporkan adanya kepadatan kendaraan di sepanjang jalan menuju tempat-tempat wisata padai hari kedua Lebaran ini. Padahal, pada hari pertama Lebaran kepadatan ini belum terlihat.

Ketua Harian Posko Angkutan Lebaran Kemenhub Gede Pasek Suardika mengatakan, kepadatan di ruas-ruas jalan menuju lokasi wisata merupakan hal yang normal. Pasalnya, pada hari kedua Lebaran ini masyarakat cenderung berpergian ke tempat wisata maupun silaturahmi.

"Macetnya itu di daerah-daerah wisata dan itu bukan lokal, umum, sudah terjadi dari tahun ke tahun begitu. Orang bersilaturahmi kemudian orang yang berwisata," ujarnya setelah rapat di kantornya, Jakarta, Kamis (6/6/2019)

Berdasarkan laporan posko angkutan Lebaran, jalan raya Lembang-Bandung terpantau padat akibat imbas dari tempat wisata. Begitu pun dengan ruas jalan menuju Puncak Bogor terpantau padat merayap dari Simpang Gadog Bogor ke arah Puncak.

Selain ruas jalan menuju tempat wisata, situasi jalan tol Cikunir ke arah Cikampek juga mengalami kepadatan. Pasalnya, terdapat pertemuan kendaraan dari jalan tol dalam kota dan jalan Jakarta Outer Ring Road (JORR).

"Biasanya dari tahun ke tahun itu di hari pertama dan kedua ini terjadi lalin lokal baik itu Jabodetabek dan beberapa kota lain, seperti yang kalian tahu di Kalianda, kemudian di tempat wisata Purwokerto, Batu Raden, Malang dan sebagainya itu jadi masyarakat lokal untuk bersilaturahmi maupun tujuan ke wisata," ucapnya.

Untuk mengatasi titik-titik yang macet tersebut, pihaknya menyerahkan pada Kakorlantas. Pasalnya, Kakorlantas berwenang menerapkan pengaturan lalu lintas dan rekayasa jalan di ruas jalan tersebut.

Kondisi lalu lintas yang padat di sejumlah titik ini diperkirakan akan berlangsung hingga besok. Sebab, libur cuti bersama masih berlangsung hingga tanggal 9 Juni mendatang.

Editor : Ranto Rajagukguk