Kemenkeu Sebut Negara Punya Aset di Luar Negeri, Nilainya Rp40 Triliun

Rina Anggraeni ยท Jumat, 16 April 2021 - 15:33:00 WIB
Kemenkeu Sebut Negara Punya Aset di Luar Negeri, Nilainya Rp40 Triliun
Kantor Kedutaan Besar RI untuk Jepang di Tokyo. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat negara memiliki aset di luar negeri yang cukup besar. Nilainya mencapai Rp40 triliun.

Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu Encep Sudarwan mengatakan, aset negara yang ada di luar negeri sejauh ini semata untuk pelayanan, bukan bisnis. Dengan kata lain, aset-aset negara itu belum bisa dimonetisasi.

"Di luar negeri itu kita terbatas. Dulu kan kita membangun bangunan untuk diplomatik bukan untuk bisnis, ini yang sedang kita lihat di aturan selanjutnya tapi sekarang sementara itu hanya untuk ke tugas, fungsi," kata Encep, Jumat (16/4/2021).

Kemenkeu mencatat ada 673 aset negara di luar Indonesia dengan valuasi sekitar Rp 40 triliun. Aset ini tercatat dengan baik, sehingga pemerintah di masa depan tak seharusnya kehilangan.

Selain sebagai pendukung utama layanan publik, kata Encep, aset negara berpeluang dimonetisasi. Hingga akhir 2019, nilai aset negara secara keseluruhan mencapai Rp6.103 triliun.

Menurut Encep, aset negara perlu dimanfaatkan agar tak menjadi aset tidur alias tidak produktif. Dia menyebut, BMN menjadi sumber pendapatan sekaligus pembiayaan APBN melalui penjaminan aset.

Editor : Rahmat Fiansyah