Kementan Distribusikan 12.000 Ton Jagung ke Peternak Rakyat

Rully Ramli ยท Jumat, 09 November 2018 - 15:05 WIB
Kementan Distribusikan 12.000 Ton Jagung ke Peternak Rakyat

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat memfasilitasi distribusi jagung dari industri pakan ternak untuk kebutuhan peternak rakyat di berbagai sentra ayam petelur. Melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), mendistribusikan sebanyak 12.000 ton jagung pipilan secara serentak ke peternak rakyat di sejumlah sentra ayam petelur khususnya di beberapa titik di Pulau Jawa.

Tim Kementan bergerak ke sejumlah titik antara lain di Blitar, Malang, Kendal, Solo, Bogor, Sukabumi dan Cianjur untuk memastikan distribusi pangan berjalan dengan lancar langsung ke para peternak rakyat, baik ayam petelur atau layer maupun ayam pedaging atau broiler. Bantuan akan disalurkan bertahap sebagai langkah awal dalam menstabilkan harga jagung untuk pakan ternak.

Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Indonesia menyatakan, sangat menghargai atas dukungan yang sudah diberikan oleh Kementan di saat-saat sulit untuk peternak. "Kami mewakili temen-temen di lapangan sari peternak rakyat berterima kasih atas program yang sudah dilakukan untuk menolong pada saat krisis kali ini," kata Ketua Pinsar Indonesia Hartono yang hadir saat penyaluran jagung untuk peternak di Bogor, Jumat (9/11/2018).

Anggota Pinsar Petelur Nasional Awan Sastrawijaya menyampaikan rasa terima kasihnya secara tertulis. "Bantuan tersebut sedikit banyaknya pasti akan meringankan beban kami. Harapannya agar ke depannya harga pakan jadi pun bisa menyesuaikan dengan semakin lancarnya pasokan jagung ini," tulisnya kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Sekretaris Direktoratt Jenderal PKH Nasrullah menyebutkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengerahkan jajarannya untuk turun ke lapangan agar persoalan jagung untuk pakan yang dirasakan peternak kecil bisa terselesaikan. "Pemerintah harus hadir di tengah peternak yang sedang mengalami kesulitan. Melalui koordinasi dengan industri pakan dan Perum Bulog, Kementan bisa memfasilitasi distribusi jagung untuk peternak ayam, terutama di Kabupaten Blitar yang merupakan salah satu sentra utama,” kata Nasrullah.


Editor : Ranto Rajagukguk