Kementerian BUMN Ungkap Anak Usaha Telkom Mitratel Bakal IPO

Rina Anggraeni ยท Rabu, 16 September 2020 - 18:43 WIB
Kementerian BUMN Ungkap Anak Usaha Telkom Mitratel Bakal IPO

Anak Usaha PT Telkom (Persero) Tbk, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) ingin melakukan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering atau/IPO). (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) ingin melakukan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering atau/IPO). Perusahaan tersebut merupakan anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom.

"Ke depan juga dalam berbagai klaster yang ada kita akan lakukan IPO dan strategic partnership seperti contoh di Pertamina, di Telkom di menara yaitu di Mitratel itu akan IPO," kata Wakil Menteri BUMN  Kartika Wirjoatmodjo dalam webinar, Rabu (16/9/2020).

Sebagai informasi, Mitratel merupakan anak usaha Telkom yang bergerak di bisnis menara telekomunikasi. Mitratel disebut-sebut tengah mencari pendanaan melalui pasar modal yang sebenarnya telah direncanakan sejak 2010 silam. 

Mitratel bisa IPO sebelum 2013 sambil menunggu pengalihan menara Telkomsel. Namun, wacana tersebut tak kunjung terlaksana.

Hingga pada 2016 kabar IPO kembali mencuat setelah Mitratel batal melakukan share swap dengan perusahaan menara lainnya, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).

Editor : Ranto Rajagukguk