Kemnaker Mulai Terapkan 2 Reformasi untuk PNS, Apa Saja?

Rina Anggraeni ยท Minggu, 14 Maret 2021 - 15:08:00 WIB
Kemnaker Mulai Terapkan 2 Reformasi untuk PNS, Apa Saja?
Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode II fokus dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode II fokus dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerapkan dua reformasi yaitu birokrasi dan Badan Layanan Kerja (BLK).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, reformasi birokrasi dilakukan dengan restrukturisasi organisasi. Hal ini dilakukan dengan merombak sejumlah jabatan struktural menjadi jabatan fungsional. 

Hal ini baik yang berada di kantor pusat maupun Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) di daerah. "Ini salah satunya untuk mendorong mereka menjadi tenaga profesional," kata Anwar di Jakarta, Minggu (14/3/2021).

Dengan adanya reformasi birokrasi ini, Kemnaker lebih fokus dalam mengelola dan membina sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) Ketenagakerjaan yang kompeten dan profesional, baik yang diperuntukan bagi Kemnaker, kementerian/lembaga (K/L) lain maupun pemerintah daerah. Empat jabatan fungsional yang pembinaannya ada di Kemnaker adalah instruktur, pengawas ketenagakerjaan, mediator dan pengantar kerja. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2