Komunikasi Pegawai di Kantor Pemerintah dan Swasta Wajib Pakai Bahasa Indonesia

Rahmat Fiansyah ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 16:15 WIB
Komunikasi Pegawai di Kantor Pemerintah dan Swasta Wajib Pakai Bahasa Indonesia

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Selain berlaku di institusi pendidikan, kebijakan tersebit juga berlaku di lingkungan kerja pemerintahan dan swasta.

Dilansir laman Sekretaris Kabinet, Rabu (9/10/2019), bahasa Indonesia wajib digunakan dalam komunikasi resmi di kantor pemerintah dan swasta. Komunikasi resmi yang dimaksud meliputi komunikasi antar pegawai, antarlembaga, dan masyarakat terkait tugas dan fungsi lembaga pemerintah dan swasta (pasal 28 ayat 2).

Komunikasi resmi itu mencakup lisan dan tulisan, baik fisik maupun lewat media elektronik. Secara terperinci, komunikasi itu di antaranya disposisi, instruksi, konsultasi, pengarahan, perundingan, wawancara, berita, rapat, dan pengumuman (pasal 28 ayat 5).

“Komunikasi resmi dengan lembaga internasional atau lembaga negara asing di lingkungan kerja pemerintah dan swasta dapat menggunakan penerjemah untuk membantu kelancaran komunikasi,” bunyi Pasal 29 Perpres tersebut.


Editor : Rahmat Fiansyah