Laporan Keuangan Pemerintah Dapat Opini WTP, Sri Mulyani Berpantun

Rully Ramli ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 18:21 WIB
Laporan Keuangan Pemerintah Dapat Opini WTP, Sri Mulyani Berpantun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada 81 laporan keungan kementerian/lembaga (LKKL) dan satu laporan keuangan bendahara umun negara (LKBUN). Kementerian Keuangan menjadi salah satu kementerian yang kembali mendapatkan predikat baik ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penyerahan laporan keuangan ini akan meningkatkan belanja modal agar lebih produktif. Hal itu diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi menjadi lebih tinggi kedepannya.

"Dalam mengelola APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), kami berkomitmen mengedepankan tata kelola yang baik agar seluruh kebijakan dari sisi pendapatan maupun belanja dapat berdampak positif dan optimal dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Dia menambahkan, hasil audit belanja negara 2018 nantinya diarahkan untuk memperkuat kualitas pengelolaan anggaran negara melalui peningkatan belanja yang produktif dan sesuai prioritas nasional.

"Hal ini disertai efisiensi belanja untuk hal yang sifatnya non-prioritas dan dalam rangka mendorong percepatan infrastruktur di seluruh pelosok Indonesia mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial dan menciptakan kesempatan kerja yang baik," tutur dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengaku senang dengan opini yang diberikan oleh BPK. Sebab, ini merupakan kali ketiga secara berturut-turut Kemenkeu mendapatkan opini WTP dari BPK. Kesenangan ini juga disampaikannya melalui pantun untuk BPK.

"Bila datang ke Jakarta, jangan lupa bawa KTP. Terima kasih BPK, sekali WTP tetap WTP," ucapnya.


Editor : Ranto Rajagukguk