Libur Lebaran, Pengunjung Ragunan Melonjak hingga 3 Kali Lipat

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 19:01 WIB
Libur Lebaran, Pengunjung Ragunan Melonjak hingga 3 Kali Lipat

Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk dikunjungi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Selama libur Lebaran 2019 tempat-tempat wisata banyak didatangi oleh pengunjung untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk dikunjungi.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi TM Ragunan Ketut Widarsana mengatakan, pada hari kedua Lebaran total pengunjung yang memadati Ragunan sebanyak 107.700 orang. Sementara hingga pukul 10.00 WIB pagi tadi sebanyak 23.000 pengunjung.

Pada hari pertama Lebaran, sejumlah destinasi wisata milik Pemprov DKI Jakarta ditutup termasuk Ragunan dan kembali buka sejak kemarin. Tak hanya Ragunan, objek wisata seperti kawasan Kota Tua juga demikian.

"Kemarin banyak, 107.700. Hari ini kita sudah mencapai 23.000 per jam 10.00," ujarnya kepada iNews.id, Jakarta, Jumat (7/6/2019).

Menurut dia, selama libur cuti bersama Lebaran ini terjadi lonjakan pengunjung yang cukup signifikan yaitu hampir tiga kali lipat dari hari libur akhir pekan. Rupanya, kebun binatang ini cukup diminati masyarakat untuk menghabiskan jatah liburnya.

"Kalau hari biasa, anggap lah di hari Minggu paling sekitaran 40.000 ke atas. Jadi ini kenaikannya di atas 100 persen," kata dia.

Lonjakan jumlah pengunjung ini tentu berimbas pada kenaikan pendapatan selama periode ini. Namun, dia enggan menyebutkan berapa banyak pendapatan yang diperoleh selama libur lebaran.

"Otomatis lah mempengaruhi dari sisi pendapatan, kalau pengunjung naik pendapatan pasti naik. Walaupun tarif masuknya juga murah ya," ucapnya.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk mendatangi kebun binatang ini, ditetapkan tarif tiket sebesar Rp4.000 untuk satu orang dewasa sedangkan Rp3.000 untuk satu orang anak kecil. Sementara untuk parkir kendaraan roda empat dikenakan Rp6.000 per mobil dan Rp3.000 per motor.


Editor : Ranto Rajagukguk