Longspan LRT Jabodebek Terpanjang di Dunia

Ilma De Sabrini ยท Senin, 11 November 2019 - 12:55 WIB
Longspan LRT Jabodebek Terpanjang di Dunia

Dari kanan ke kiri: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan , Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Dirut Adhi Karya, Budi Harto. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Bentangan beton panjang (longspan) kereta light rail transit (LRT) Jabodebek di persimpangan Jalan H.R. Rasuna Said dan Jalan Gatot Soebroto menjadi yang terpanjang di dunia. Longspan itu masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor menerima penghargaan MURI untuk longspan tersebut. Pertama, rekor jembatan kereta beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia. Kedua, rekor pengujian Axial Statistic Loading Test sebagai pondasi bored pile dengan beban terbesar di Indonesia.

Jembatan lengkung yang dibangun dengan metode balanced cantilever itu memiliki tipe box girder dengan radius lengkung 115 meter. Panjang bentang utama mencapai 148 meter dengan beban pengujian pondasi seberat 4.400 ton.

"Dengan ini saya menyerahkan sertifikat MURI. Jembatan Kereta LRT Jabodetabek memecahkan rekor di Indonesia dan satu lagi yaitu pengujian Axial Statistic Loading Test sebagai Pondasi Bored Pile Terbesar di Indonesia," kata Pendiri MURI Jaya Suprana saat pengecoran terakhir di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Menteri Perhubungan, Budi Karya mengapresiasi Adhi Karya yang selama ini telah membantu pemerintah membangun infrastruktur. Dia berharap proyek ini bisa selesai pada 2021 mendatang.

"Proyek ini akan kita selesaikan dalam kurun waktu 1,5 tahun mendatang. Yang kita harapkan menjadi alternatif transportasi di Indonesia. Semoga ini menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia," ujar Menhub.

Dalam acara tersebut turut hadir Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Editor : Rahmat Fiansyah