LPS Hapus Denda Pembayaran Premi Bank Selama 6 Bulan

Suparjo Ramalan ยท Senin, 11 Mei 2020 - 17:37 WIB
LPS Hapus Denda Pembayaran Premi Bank Selama 6 Bulan

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberikan keringanan bagi industri perbankan dalam membayar premi penjaminan sepanjang semester II 2020. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberikan keringanan bagi industri perbankan dalam membayar premi penjaminan sepanjang semester II 2020. Langkah ini dilakukan untuk mendukung perbankan nasional dalam mengelola arus kas (cashflow). 

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengatakan, karena perbankan harus merestrukturisasi debitur yang terdampak Covid-19, sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11 Tahun 2020, maka pihaknya memberikan keringanan bagi industri perbankan dalam membayar premi, khususnya pada semester II tahun ini. 

"Dalam memberikan ruang gerak ke bank, LPS putuskan melonggarkan premi penjaminan untuk semester II, yaitu berlaku dari Juli hingga akhir tahun," ucap Halim melalui video conference, Senin (11/5/2020). 

Dia mengatakan, dengan pelonggaran premi ini, maka bank-bank yang mengalami keterlambat tidak dikenakan denda atau 0 persen selama enam bulan ke depan, mulai Juli 2020 mendatang.

Halim juga menjelaskan, pengumpulan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan nasional mengalami hambatan seiring melambatnya aktivitas ekonomi akibat pandemi Covid-19. Dari data terbaru, DPK saat ini tumbuh lebih rendah yaitu sebesar 7,98 persen dibandingkan Maret lalu sebesar 9,66 persen.

Editor : Ranto Rajagukguk