Ma'ruf Amin Beberkan Penyebab Tingginya Angka Pengangguran di Indonesia

Dita Angga ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 14:02:00 WIB
Ma'ruf Amin Beberkan Penyebab Tingginya Angka Pengangguran di Indonesia
Wakil Presiden RI, Ma`ruf Amin. (Foto: Ant)

TASIKMALAYA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan, angka pengangguran di Indonesia saat ini masih relatif tinggi. Sementara daya saing atau produktivitas tenaga kerja masih rendah. 

"Data BPS pada Februari 2021 menunjukkan bahwa terdapat 19,1 juta tenaga kerja yang terdampak pandemi,” katanya dalam acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahun 2020 di Tasikmalaya, Selasa (8/6/2021).

Kondisi tersebut diperparah dengan pertumbuhan angkatan kerja baru yang cenderung terus meningkat setiap tahun. Selain itu, minimnya penduduk usia angkatan kerja yang siap pakai.

“Tantangan menjadi semakin berat dengan perkembangan revolusi industri 4.0 dan teknologi digital yang semakin cepat dan mendisrupsi beragam sektor  kehidupan termasuk industri dan ketenagakerjaan,” ucap Ma'ruf.

Dia menungkapkan, masih tingginya angka pengangguran dan rendahnya daya saing karena ketidaksiapan dalam beradaptasi terhadap perubahan yang ada.

“Masih relatif tingginya angka pengangguran dan rendahnya daya saing, antara lain disebabkan oleh ketidaksiapan untuk beradaptasi terhadap perubahan dan disrupsi yang mengikutinya,” ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: