Ma'ruf Amin: Belajar dan Bekerja dari Rumah, Jangan Pergi ke Tempat Liburan

Antara ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 11:34 WIB
Ma'ruf Amin: Belajar dan Bekerja dari Rumah, Jangan Pergi ke Tempat Liburan

Wakil Presiden RI, Ma`ruf Amin. (Foto: Sindo)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta masyarakat untuk mematuhi imbauan soal menjaga jarak (social distancing) di tengah pandemi virus korona. Masyarakat diminta tidak memanfaatkan kebijakan itu untuk liburan.

"Jangan sampai mereka yang tidak masuk kantor atau tidak masuk sekolah justru berlibur ke tempat-tempat liburan. Itu justru yang harus dihindari, kerumunan atau banyak orang, itu yang menyebabkan potensi penularannya sangat besar," kata Wapres di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Wapres meminta masyarakat disiplin menjalankan imbauan pemerintah untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain selama dua pekan ke depan. Dengan begitu, upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia bisa efektif.

"Seperti sudah diarahkan oleh Presiden (Joko Widodo) supaya masyarakat menjaga jarak, social distancing, kemudian juga bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah," tutur ketua umum MUI itu.

Upaya untuk menghindari penyebaran COVID-19, Wapres memperketat protokol pengamanan dengan tidak menerima tamu dan tidak menghadiri pertemuan yang sifatnya mendesak.

Sejak Senin (16/3/2019), dia menggunakan telekonferensi untuk melakukan rapat dengan jajarannya seperti Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau rapat, misalnya dengan BNPT, itu lewat teleconference, rapat dengan berbagai kementerian untuk melakukan koordinasi juga tidak bertatap muka langsung. Jadi kami sudah menggunakan sistem jarak jauh," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah