Menhub Apresiasi Maskapai Inisiatif Turunkan Harga Tiket Pesawat

Rully Ramli, Sindonews ยท Senin, 14 Januari 2019 - 12:12 WIB
Menhub Apresiasi Maskapai Inisiatif Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah Indonesia National Air Carrier Association (INACA) atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia yang telah menurunkan tarif penerbangan domestik.

"Saya mengapresiasi dan berterima kasih atas keputusan rekan-rekan di maskapai yang tergabung di INACA untuk melakukan penyesuaian dengan menurunkan tarif penerbangan domestik," ujar Budi Karya di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Dia menjelaskan, keputusan yang diambil INACA dan stakeholders penerbangan patut diapresiasi. Pasalnya, hal ini menunjukkan komitmen untuk tetap menyeimbangkan biaya operasional tanpa membebani masyarakat karena harga tiket pesawat yang tinggi.

"Tentunya langkah yang dilakukan ini telah diperhitungkan dengan matang oleh rekan-rekan INACA. Penurunan tarif tiket penerbangan dilakukan sesuai dengan regulasi penerbangan nasional dan tetap mengutamakan keselamatan penerbangan. Safety dan maintenance seluruh pesawat tetap terjaga,” katanya

Lebih lanjut Budi Karya mengatakan, pihaknya akan mendukung maskapai nasional dengan memberikan keringanan pada aspek biaya pendukung layanan kebandarudaraan dan biaya navigasi. Melalui dukungan tersebut, maskapai dapat melakukan penyesuaian beban operasional layanan penerbangan sehingga tarif tiket pesawat dapat diturunkan.

"Operator bandara seperti Angkasa Pura I dan II serta lembaga navigasi AirNav Indonesia, telah berkomitmen untuk membantu maskapai. Untuk itu, saya juga mengapresiasi dukungan dari Angkasa Pura dan AirNav Indonesia," tutur dia.

INACA sebelumnya menjamin harga tiket pesawat akan turun dengan penyesuaian 20-60 persen dari harga saat ini. Ketua Umum INACA I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra mengatakan, maskapai akan menurunkan harga seperti sebelum peak season akhir tahun.

"Penurunan yang kita lakukan variatif. Nanti kita cek absolutnya, jadi sampai 50-60 persen ada yang tertinggi seperti itu. Yang pasti di atas 20 persen sampai 60 persen," ujar Ashkara dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (13/1/2019).

Pria yang kerap disapa Ari itu menyebut, keputusan asosiasi memangkas harga tiket murni keputusan INACA. Dengan kata lain, Kementerian Perhubungan tidak menekan maskapai dalam keputusan tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia itu mengatakan, keputusan diambil setelah mendengar keluhan dari pengguna jasa angkutan udara. (Rina Anggraeni)


Editor : Ranto Rajagukguk