Menhub Buka Peluang Grab dan Gojek Bikin Aplikasi Tol Laut

Aditya Pratama ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 17:13 WIB
Menhub Buka Peluang Grab dan Gojek Bikin Aplikasi Tol Laut

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah tengah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Gojek atau Grab untuk terlibat dalam proyek tol laut. Nantinya, perusahaan yang digandeng akan membuat aplikasi.

"Kita sudah maraton melakukan kegiatan, kita memberikan kesempatan kepada Grab dan Go-Jek untuk melakukan suatu usulan-usulan," ujar Menhub di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

BACA JUGA:

Jokowi Jengkel Ada Swasta Kuasai Harga Barang Gunakan Tol Laut

Presiden Jokowi Kesal Tol Laut Dimonopoli, Kemenhub Jajaki Kerja Sama dengan Gojek

Menhub mengatakan, konsep aplikasi tersebut nantinya mirip konsep pemesanan on-demand makanan atau barang yang selama ini dijalankan oleh Gojek dan Grab.

"Kemarin kita sudah dapat suatu format yang bagus, insyaallah ini bisa jalan dan kalau bisa jalan selain bisa menyelesaikan tol laut, ini opportunity business yang luar biasa dan memberikan kesempatan saudara-saudara kita di Indonesia bagian timur itu berbisnis," ucap Budi.

Mantan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ini berharap, masyarakat yang tinggal di Indonesia bagian timur bisa menggunakan aplikasi saat membeli kebutuhan pokok. Selain sebagai konsumen, masyarakat juga bisa menjadi mitra bisnis untuk berjualan lewat aplikasi tersebut.

"Saudara-saudara kita yang di timur, dengan aplikasi dia bisa pesan beras, minyak, dan sebagainya dari aplikasi. Bahkan dia bisa memasarkan, dia punya apa? punya rumput laut, punya apa, bisa disampaikan di sini," kata dia.

Kendati demikian, Menhub membuka peluang kepada perusahaan teknologi selain Gojek dan Grab untuk terlibat. "Oleh karenanya kita dorong itu, tapi tidak terbatas dua itu, ada aplikator lain yang kita kasih kesempatan," ujarnya.


Editor : Rahmat Fiansyah