Menkeu Keluhkan Pejabat Daerah yang Tanya Alokasi Anggaran lewat WhatsApp

Rully Ramli ยท Kamis, 12 September 2019 - 12:00 WIB
Menkeu Keluhkan Pejabat Daerah yang Tanya Alokasi Anggaran lewat WhatsApp

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, masih ada pejabat daerah yang enggan melihat data keuangan negara untuk mengetahui besaran alokasi anggaran yang didapatkan. 

Berdasarkan pengalamannya, banyak pejabat daerah yang menilai data keuangan negara terlalu rumit untuk dibaca. Dengan begitu, mereka lebih suka untuk menghubungi langsung pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mengetahui besaran anggaran yang didapat.

"Banyak yang nanyai saya, berapa anggaran untuk daerah? Mereka nanya hanya lewat WhatsApp, karena kulturnya WA aja, enggak mau masuk lampiran keuangan yang rumit," ujar dia di Kantor Pusat Kemenkeu, Jakarta,Kamis (12/9/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengklaim, bahwa pihaknya sudah memberikan informasi terbuka mengenai data anggaran daerah maupun pusat.

Hal tersebut dilakukan, mengingat pentingnya tata kelola maupun penggunaan data keuangan negara untuk merealisasikan tujuan negara. 

"Kita tidak boleh melupakan hubungan penggunaan data keuangan negara, bagi tujuan negara agar tetap tinggi untuk menciptakan lapangan kerja, penurunan kemiskinan dan kesenjangan," katanya.

Oleh karenanya, wanita yang akrab disapa Ani, itu ingin data keuangan negara terus dikelola dengan baik dan akuntabel. Bukan hanya itu, ia ingin data keuangan negara nantinya lebih mudah dibaca, bukan hanya pejabat daerah, tapi juga masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

"Basis intelligent big data keuangan pemerintah pusat dan daerah harus saling bersinergi, ini salah satu sumber pembuatan keputusan yang powerful," ucapnya.


Editor : Ranto Rajagukguk