Luhut Puji Kinerja Menteri Susi di Sektor Perikanan

Antara ยท Rabu, 02 Oktober 2019 - 12:27 WIB
Luhut Puji Kinerja Menteri Susi di Sektor Perikanan

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan saat berbicara di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (2/10/2019). (foto: Humas Menko Maritim)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan mengapresiasi kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sektor perikanan dinilainya cukup kuat di tengah tingginya ketidakpastian global.

"Kondisi ekonomi saat ini tidak baik akibat perang dagang," kata Luhut saat memberikan sambutan di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Meski begitu, Luhut mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup stabil dibanding negara-negara emerging market lainnya. Padahal, harga-harga komoditas terus tertekan.

Mantan Dubes RI untuk Singapura itu menilai, perikanan menjadi salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam ekonomi nasional. Namun, dia berharap potensi kelautan terus digali.

"Potensi kelautan yang kita miliki sampai 1,2 triliun dolar AS per tahun, yang potensinya itu belum dieksploitasi secara maksimal," kata Luhut.

Selain itu, dia juga mengapresiasi berbagai program pemerintah di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan. Di antaranya program Satu Juta Nelayan Berdaulat, digitalisasi sektor perikanan, dan penindakan kapal penangkap ikan ilegal.

Menurut Luhut, penindakan kepada kapal ilegal perlu terus dilakukan karena Indonesia harus bersikap tegas dalam menegakkan aturan yang berlaku.

Editor : Rahmat Fiansyah