Mentan Jamin Ketersediaan Pangan Aman Selama Pandemi Covid-19 

Oktiani Endarwati · Rabu, 13 Januari 2021 - 23:35:00 WIB
Mentan Jamin Ketersediaan Pangan Aman Selama Pandemi Covid-19 
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjamin ketersediaan pangan aman selama pandemi Covid-19.  (Foto: Oktiani Endarwati)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjamin ketersediaan pangan aman selama pandemi Covid-19. Menurutnya, kebutuhan bahan makanan masih bisa tercukupi selama pandemi berlangsung. 

"Memang food security menjadi sangat penting selama pandemi. Masyarakat membutuhkan makanan sehat," ujarnya, dalam wawancara khusus dengan MNC News, Rabu (13/1/2021). 

Mentan mengatakan, ketahanan pangan untuk 11 komoditas masih aman sepanjang 2021. Dia mencontohkan, beras masih ada sisa stok 7 juta ton untuk 2021. "Jagung, padi, telur, daging sapi, daging kerbau, bawang merah, bawang putih aman. Walaupun kita tahu masih ada substitusi impor karena tanaman subtropis," katanya. 

Syahrul mengakui kebutuhan masih dicukupi dari impor khusus daging, bawang putih dan gula. Dia menjamin ketersediaan ada dan tetap terkendali. 

"Kelebihan stok beras di 2020 menjadi modal memulai tahun yang baru. Sekarang masuk musim tanam 2021, saya harap dari 8 juta hektare atau musim tanam Oktober 2020 sampai Maret kita harap ada 15 juta ton," ujarnya. 

Editor : Dani Dahwilani