Menteri Basuki Ajak 3 Pemenang Gagasan Desain ke Lokasi Ibu Kota Baru

Aditya Pratama ยท Senin, 23 Desember 2019 - 15:44:00 WIB
Menteri Basuki Ajak 3 Pemenang Gagasan Desain ke Lokasi Ibu Kota Baru
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta kepada ketiga pemenang gagasan desain Ibu Kota Negara (IKN) untuk saling bersinergi dalam membangun Ibu Kota baru. Pemenang desain pertama, yaitu Nagara Rimba Nusa akan menjadi tujuan utama pembangunan wilayah Ibu Kota.

"Kepada tiga pemenang tersebut, saya  minta kita semua dapat bersikap terbuka (open minded) dan kolaboratif atas berbagai pengayaan materi, dengan menggunakan dasar karya terbaik pertama yang tujuan utamanya untuk karya urban design IKN yang sebaik-baiknya," ujar Basuki dalam sambutan di acara pengumuman pemenang sayembara gagasan desain IKN di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

"Kami juga akan segera mengundang ahli-ahli terkait lainnya tingkat nasional dan jika diperlukan ahli tingkat internasional, baik yang akan ikut berperan langsung dalam perancangan maupun sebagai penasehat atau reviewer," Basuki menambahkan.

Nantinya, proses pelaksanaan sinergi desain dilakukan untuk penajaman dan pendalaman Urban Design di IKN baru, khususnya pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). "Proses pelaksanaan sinergi desain untuk penajaman dan pendalaman Urban Design, khususnya pada KIPP dengan luasan 4.000-6.000 hektare, dan ditargetkan akan selesai pada Semester ke-I tahun 2020," ucap Basuki.

Basuki juga menyebut, pada Januari 2020 akan mengajak kepada tiga pemenang untuk survei bersama ke lokasi IKN baru. Selain itu, kepada tiga pemenang untuk mulai melakukan pembahasan awal integrasi urban design, di bawah koordinasi Kementerian PUPR melalui Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR.

"Agar mendapatkan sense of place yang dimulai dari titik pusat kawasan KIPP-IKN," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah menetapkan lima pemenang sayembara gagasan desain Ibu Kota Negara (IKN) baru. Kelima pemenang itu terdiri dari juara harapan dua, juara harapan satu, juara tiga, juara dua, dan juara satu.

Untuk pemenang pertama adalah desain Nagara Rimba Nusa, pemenang kedua adalah desain The Infinite City, pemenang ketiga adalah desain Kota Seribu Galur. Sementara itu, untuk pemenang harapan pertama desain Zamrud Khatulistiwa, dan pemenang harapan kedua desain Banua Rakyat.

Editor : Ranto Rajagukguk