Menteri Basuki Targetkan Tol Cisumdawu Selesai 2021

Aditya Pratama ยท Sabtu, 01 Februari 2020 - 21:05 WIB
Menteri Basuki Targetkan Tol Cisumdawu Selesai 2021

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Foto: Humas PUPR)

SUMEDANG, iNews.id - Pembangunan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sampai saat ini masih terus berlangsung. Tol sepanjang 61,5 kilometer (km) ini ditargetkan selesai 2021.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Cisumdawu terus dikebut. 

"Saya kira kita mau mempercepat itu, Cisumdawu, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita selesaikan," ujar Basuki di Jatinangor, Sumedang, Jawa BaratSabtu (1/2/2020).

Basuki mengakui ada beberapa kendala dalam pembangunan tol tersebut, terutama soal pembebasan lahan di beberapa paket proyek. 

"Untuk pembebasan lahannya di beberapa paket juga sudah bisa kita laksanakan termasuk yang di Simpang Cileunyi itu, simpabf susun, tadi saya lihat juga, mudah-mudahan bisa kita percepat," kata dia.

Untuk diketahui, Tol Cisumdawu dibangun secara bersamaan oleh pemerintah dan Badan Usaha. Untuk konstruksi Seksi 1 dan 2 sepanjang 29 Km dibangun oleh Kementerian PUPR dengan menggunakan dana APBN rupiah murni dan pinjaman pemerintah China.

Kemudian Seksi 3-6 sepanjang 32,8 Km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi sebesar Rp8,41 triliun.

Untuk Seksi 1 ruas Cileunyi–Tanjungsari sepanjang 12 km, Seksi 2 ruas Tanjungsari–Sumedang sepanjang 17,51 Km, pembangunannya terbagi dalam 2 fase, yaitu fase I sepanjang 7,23 Km, dan Fase II sepanjang 10,7 Km.

Kemudian Seksi 3 ruas Sumedang-Cimalaka sepanjang 4 Km, Seksi 4 ruas Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 km dan Seksi V Legok–Ujungjaya sepanjang 14,90 Km, Seksi 6 Ujungjaya–Kertajati 6,06 Km belum dimulai konstruksinya.

Tol tersebut nantinya menghubungkan beberapa kawasan strategis seperti Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Majalengka dan Pelabuhan Patimban di Subang. 

Editor : Rahmat Fiansyah