Mulai Masuk Musim Panen, Mentan Yakin Harga Cabai Kembali Normal

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 20:20 WIB
Mulai Masuk Musim Panen, Mentan Yakin Harga Cabai Kembali Normal

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin harga cabai rawit merah akan kembali normal di kisaran Rp30-35 ribu per kilogram (kg). Saat ini, harga cabai memang sangat tinggi di atas Rp80 ribu per kg.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, harga cabai akan turun karena saat ini sudah musim panen dan akan berlangsung dalam tiga bulan ke depan.

"Sebentar lagi normal," ujarnya di Jakarta Rabu (14/8/2019).

Berdasarkan situs Info Pangan Jakarta, saat ini rerata harga cabai rawit merah di DKI Jakarta sebesar Rp94 ribu per kg. Harga tertinggi Rp120 ribu per kg sementara harga terendah Rp70 ribu per kg.

Direktur Jenderal Tanaman Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto menambahkan, saat ini musim panen mulai berlangsung di beberapa wilayah. Misalnya di Blitar, Kediri, Kulon Progo, dan Sleman.

Dia memperkirakan panen dalam jumlah besar akan berlangsung pada September-Oktober mendatang. Ke depannya, diharapkan dengan bertambahnya pasokan di pasar dapat menurunkan harga cabai.

"Sekarang petani sudah mulai tanam lagi, September-Oktober lah sudah panen besar," kata dia.

Dia mengakui harga cabai saat ini masih tinggi karena wilayah yang panen baru sebagian. Namun, beberapa pasar induk telah menjual cabai seharga Rp63-65 ribu per kg.

Berdasarkan catatan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, per hari ini harga cabai rawit hijau rerata Rp63 ribu per kg dan harga cabai rawit merah di Rp82 ribu per kg.

Editor : Rahmat Fiansyah