Muncul Petisi Online Tuntut Peninjauan Passing Grade Tes SKD CPNS 2018

Rully Ramli ยท Sabtu, 10 November 2018 - 20:03 WIB
Muncul Petisi Online Tuntut Peninjauan Passing Grade Tes SKD CPNS 2018

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Minimnya peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos tes seleksi kompetensi dasar (SKD) memicu munculnya petisi online di Change.org.

Berdasarkan pantauan iNews.id, Sabtu (10/11/2018), petisi yang diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Sipil dan empat lembaga lainnya itu meminta agar ambang batas minimal (passing grade) TKD diturunkan. Hingga berita ini diturunkan, hampir 20 ribu orang telah menandatangani petisi tersebut dari target 25 ribu orang.

"Seiring dengan seleksi CPNS tahun 2018 yang menetapkan Passing Grade (PG) pada SKD terlalu tinggi dan dengan sistem kurang efektif, dinilai oleh banyak kalangan harus segera diperbaiki atau segera ada kebijakan menyusul selagi proses seleksi ini masih berjalan dan belum ada ketetapan tahap selanjutnya," tulis Mizan Banjarnegara, selaku pembuat petisi.

BACA JUGA:

Miris, Hanya 2 Persen Peserta yang Lolos Tes SKD CPNS 2018

Kurang 2 Poin Lagi, Peserta CPNS 2018 Ini Menangis

Berdasarkan catatan Mizan, banyak peserta yang gagal di berbagai daerah. Kabupaten Banyumas misalnya, yang lulus tes SKD hanya 211 orang dan 4.761 orang gagal. Padahal, formasi yang dibutuhkan mencapai 729.

Menurut dia, passing grade yang ditetapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) rancu karena tidak menghitung akumulatif. Alhasil, jika tidak lolos pada salah satu tes, maka dinyatakan gagal meski secara kumulatif di atas passing grade.

Mizan mengatakan, salah satu passing grade yang harus diturunkan yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang mana banyak peserta gagal. Passing grade TKP, kata dia, naik 17 poin daripada 2014.

Rendahnya tingkat kelulusan peserta pada tes SKD diakui BKN. Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, hanya 2 persen saja peserta yang lolos tes SKD. Mereka kebanyakan gagal dalam TKP.

Saat ini, panitia seleksi nasional (panselnas) CPNS 2018 sedang mengevaluasi pelaksanaan CPNS. Namun, hingga kini belum ada keputusan apapun.


Editor : Rahmat Fiansyah