Onderdil Harley Diselundupkan, Sri Mulyani Minta Bea Cukai Perkuat Intelijen

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 15:59 WIB
Onderdil Harley Diselundupkan, Sri Mulyani Minta Bea Cukai Perkuat Intelijen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal dugaan penyelundupan onderdil Harley Davidson melalui pesawat Garuda Indonesia. Dia menyayangkan modus operandi penyelundupan semacam itu terjadi.

Sri Mulyani meminta Direktorat Jenderal Bea Cukai untuk memperkuat intelijen, sehingga penyelundupan barang ke Indonesia dapat berkurang.

"Kalau perubahan policy susah dibuat, kewaspadaan harus ditingkatkan, mereka juga akan semakin canggih. Jadi kita akan terus menangani penanganan kita, memperkuat intelijen kita," katanya di kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Sri Mulyani menilai, pemerintah sebenarnya telah memberikan berbagai kemudahan kepada dunia usaha untuk mengimpor barang. "Begitu kita buat kemudahan, ada saja penumpang gelapnya, menggunakan hal itu untuk berbuat penyeludupan," kata

Saat ini, petugas bea cukai telah menyita onderdil motor hasil selundupan tersebut. Sri Mulyani menyerahkan hal itu kepada Bea Cukai untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

"Dilema seperti ini selalu kita hadapi terus-menerus. Kita sudah melakukan tindakan tegas sekarang," ujarnya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menyebut bea cukai akan memperkuat kerja sama dengan negara-negara lain, terutama Singapura untuk meminimalisir penyelundupan.

Editor : Rahmat Fiansyah