Pameran China-ASEAN Expo 2019, Indonesia Dapat Keistimewaan

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 11 Juli 2019 - 17:41 WIB
Pameran China-ASEAN Expo 2019, Indonesia Dapat Keistimewaan

Indonesia akan mengikuti pameran China-Asean Expo (CAEXPO) 2019 ke-16 di Nanning, China. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia akan mengikuti pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2019 ke-16 di Nanning, China. Pada CAEXPO kali ini Indonesia akan mendapatkan keistimewaan menjadi Country of Honor.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Eskpor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Marolop Nainggolan mengatakan, dengan menjadi Country of Honor, Indonesia akan memiliki kesempatan lebih besar mengeksplorasi kerja sama dengan negara anggota pameran.

"Country of Honor bergiliran dengan 10 negara lainnya. Jadi 2010 sudah pernah kita, tahun ini kita ulang lagi," uajrnya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Indonesia juga akan mendapatkan fasilitas untuk menggelar forum bisnis yang sifatnya bisnis ke bisnis (B to B) dengan negara anggota China-Asean Free Trade Agreement (CAFTA) maupun negara lain non-CAFTA. Hal ini diharapkan dapat memperluas peluang yang sudah ada serta meningkatkan penetrasi pasar baru.

"Tahun ini paviliun kita paling besar karena kita jadi country of honor. Country of honor akan jadi fokus dari trade fair, banyak promosi, informasi, dan paviliun," ucapnya.

CAEXPO merupakan salah satu pameran yang rutin diikuti Indonesia guna memperkuat akses pasar dan menjalin kerja sama perdagangan dengan China. 

Indonesia kembali akan menempati dua paviliun di CAEXPO, yaitu paviliun komoditas di Hall D5 seluas 2.910 meter persegi dan paviliun nasional (City of Charm) seluas 304 meter persegi pada posisi nomor satu. 

Pada paviliun komoditas akan dibangun maksimal 114 stan yang menampilkan produk furniture, dekorasi rumah, makanan dan minuman, fesyen, aksesori dan perhiasan, serta barang-barang konsumsi. Sedangkan, paviliun nasional (City of Charm) akan diisi berbagai pagelaran kesenian ataupun produk ungguIan dari setiap lembaga/provinsi yang mewakili Indonesia. 

Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai Country of Honor pada CAEXPO 2019, Indonesia harus tampil lebih atraktif baik dari segi tampilan paviliun, maupun penampilan seni budaya. Selain itu, pihak panitia juga akan mengagendakan beberapa pertemuan bilateral, forum bisnis khusus untuk Indonesia, dan pertemuan strategis lainnya. 

Sebagai informasi, CAEXPO adalah pameran tahunan bertaraf internasional. Penyelenggaraan pameran ini merupakan hasil kesepakatan pada KTT China-ASEAN ke-7 pada Oktober 2003 di Bali dalam kerangka kerja perdagangan ekonomi CAFTA. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran ini akan menampilkan paviliun komoditas dan City of Charm. 


Editor : Ranto Rajagukguk