Pelanggan 450 VA Prabayar Dipastikan Gratis Listrik dalam 3 Bulan

Aditya Pratama ยท Rabu, 01 April 2020 - 15:59 WIB
Pelanggan 450 VA Prabayar Dipastikan Gratis Listrik dalam 3 Bulan

Pemerintah menggratiskan tarif listrik bagi pelanggan 450 VA dan memberikan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubsidi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menggratiskan tarif listrik bagi pelanggan 450 VA dan memberikan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubsidi mulai April hingga Junia atau selama tiga bulan. Langkah ini diambil untuk membantu masyarakat di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Gatrik) Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, mekanisme pelanggan 450 VA reguler atau pascabayar yang mendapatkan pembebasan tarif tidak bergantung terhadap jumlah pemakaian listrik. Itu artinya, berapa pun besaran pemakaian listrik yang digunakan akan dibebaskan dari pembiayaan.

"Berapa pun pakainya, itu gratis sesuai arahan Pak Presiden. Oh nanti misalkan orang akan boros, ya kan dibatasi sikringnya, kemudian ini nanti kita pantau profil penggunaannya seperti apa. Bahwa sekarang banyak orang tinggal di rumah itu yang kita antisipasi, ujungnya nanti perkiraan dana yang diperlukan nanti secara lebih detail itu," ujar Rida dalam video conference, Rabu (1/4/2020).

Sementara itu, untuk golongan 450 VA prabayar/token, Rida menyebut para pelanggan tersebut juga akan gratis dari pemakaian bulanan. Meski penggunaannya berbeda-beda, dia memastikan, Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) telah memiliki profil masing-masing pelanggan dan akan dihitung dari rata-rata pemakaian tiga bulan terakhir.

"Kami, PLN, sudah punya profilnya dari masing-masing pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam tiga bulan terakhir itu berapa dan itu lah yang kita berikan secara gratis tiga bulan ke depan angka maksimumnya," kata dia.

"Misalkan tiga bulan ke depan itu Januari, Februari, Maret, pada saat beli Maret mereka itu kemudian digratiskan tokennya paling tinggi tiga bulan terakhir, jadi pada saat April untuk 450 VA mereka tidak harus belanja listrik tetapi ditentukan kWh sesuai penggunaan maksimum selama tiga bulan terakhir," dia menambahkan.

Sementara itu, untuk golongan 900 VA bersubsidi reguler/pascabayar akan diberikan diskon 50 persen dari biaya pemakaian dan beban. Dia menyebut, untuk pelanggan yang bulan ini akan membayar penggunaan listrik Maret lalu akan mendapatkan potongan 50 persen.

"Untuk saudara kita membayar untuk penggunaan listrik Maret kemarin, yang selalu rekeningnya keluar per tanggal 20, untuk yang 900, yang dapat diskon penggunaan Maret kemarin. Misalnya dia menggunakan Rp200.000 kemudian teman-teman yang 900 VA ini membayarnya cukup Rp100.000," ucapnya.

Sementara itu, untuk golongan 900 VA bersubsidi prabayar/token, pelanggan tersebut akan mendapatkan potongan 50 persen dan berlaku untuk tiga bulan ke depan, dengan metode penghitungan sama dengan pelanggan prabayar 450 VA.

"Sementara untuk prabayar atau token, persis seperti yang 450 VA hanya saja mereka tidak gratis, bayarnya hanya 50 persen dan itu berlaku tiga bulan untuk April, Mei, Juni, baik reguler maupun prabayar," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk