Pemangkasan Eselon III-V PNS Ditargetkan Tuntas Juni 2020

Rahmat Fiansyah ยท Minggu, 15 Desember 2019 - 22:25 WIB
Pemangkasan Eselon III-V PNS Ditargetkan Tuntas Juni 2020

PNS. (Foto: ilustrasi/Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan menghapus jabatan struktural Pegawai Negeri Sipil (PNS) III hingga V. Saat ini, jabatan-jabatan tersebut tengah dipetakan untuk memilah mana jabatan yang akan dihapus dan tidak. 

Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas Himawan Hariyoga mengatakan, pemerintah berkomitmen menyederhanakan eselonisasi. Hal ini selaras dengan agenda prioritas untuk mereformasi birokrasi. 

"Tujuannya mempercepat pelayanan khususnya (jabatan) antara lain pemberian perizinan yang memudahkan dunia usaha. Diharapkan selesai secara nasional Juni 2020," kata Himawan di Jakarta, Minggu (15/12/2019). 

Himawan menilai, pembahasan soal eselonisasi kini sudah masuk dalam komite pengarah reformasi birokrasi nasional yang diketuai Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dalam pembahasan itu mengemuka isu bahwa tidak semua jabatan eselon bisa dihapus karena alasan-alasan tertentu. 

"Kalau di Kemenkeu itu misalnya ada kepala kantor pajak di daerah, itu (posisinya) di bawah eselon II, padahal bertanggung jawab untuk otorisasi. Memang ada pengecualian-pengecualian yang sudah disadari tidak bisa dihapus. Tinggal dipetakan berapa dari seluruh K/L yang memenuhi untuk dihapus. 

Di Bappenas, kata Himawan, jumlah eselon di bawah eselon II relatif sedikit. Eselon IV misalnya, hanya ada di kesekretariatan utama dan sama sekali tidak ada di level kedeputian. Sementara jumlah eselon III di kedeputian juga terbatas. 

Editor : Rahmat Fiansyah