Pemerintah Akan Bangun Universitas hingga Taman Nasional di Ibu Kota Baru RI

Rully Ramli ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 13:42 WIB
Pemerintah Akan Bangun Universitas hingga Taman Nasional di Ibu Kota Baru RI

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menargetkan desain ibu kota baru bisa rampung pada tahun ini. Ibu kota pengganti Jakarta ini akan mengusung tema green, smart, and beautiful.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, kebanyakan kota-kota di Indonesia saat ini lahir dari komunitas kecil yang tumbuh alamiah menjadi kota besar. Hal ini membuat setiap perencanaan kota mengikuti perkembangan. Padahal idealnya perkembangan kota mengikuti perencanaan.

"Kita ingin membuat kota yang ideal," kata Bambang dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

BACA JUGA:

Menteri Basuki Tidak Ingin Ibu Kota Baru RI Bernasib seperti Canberra

Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru, Menteri Basuki Akan Kumpulkan Arsitek

Menurut Bambang, ibu kota baru nantinya akan diisi oleh gedung pemerintahan yang dibangun lewat APBN dan infrastruktur penunjang seperti pelabuhan dan bandara oleh BUMN dan swasta.

Selain itu, kata Bambang, akan dibangun fasilitas lain seperti perumahan bagi ASN, rumah sakit, hingga universitas. Presiden Joko Widodo telah meminta agar universitas yang dibangun berbeda dengan kampus-kampus lain di Indonesia.

"Kita juga akan bangun universitas, bukan cuma tambah koleksi universitas tapi bisa jawab tantangan kedepan. Ada jurusan robotic, artificial intelligence, e-commerce," ucap dia.

Layaknya kota ideal, mantan menteri keuangan tersebut memastikan pembangunan kota tidak akan merusak lingkungan. Nantinya, kata dia, akan dibangun national park, kebun binatang, convention center, sport center, dan museum.

"Karena ini most likely di Kalimantan kita bicara konservasi orang utan. Bandara dan pelabuhan kalau bisa pakai yang sudah ada. Jadi (ibu kota) jangan jauh-jauh (lokasinya) dengan kota yang sudah fungsional," ucap dia.


Editor : Rahmat Fiansyah