Pemerintah Bangun Infrastruktur Kawasan Industri Batang pada Akhir 2020

Aditya Pratama ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 16:43 WIB
Pemerintah Bangun Infrastruktur Kawasan Industri Batang pada Akhir 2020

Pemerintah menargetkan pembangunan infrastruktur dasar kawasan industri terpadu di Batang, Jawa Tengah pada akhir tahun ini. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menargetkan pembangunan infrastruktur dasar kawasan industri terpadu di Batang, Jawa Tengah pada akhir tahun ini. Kawasan ini disiapkan untuk menampung perusahaan asing yang merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, setidaknya sudah ada tujuh perusahaan asing yang siap merelokasi pabrik ke Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah. "Sesuai arahan Presiden Jokowi, agar akhir tahun ini sudah tampak infrastruktur sedikit di sana ya," ujar Erick.

Sementara itu, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, tujuh perusahaan yang sudah pasti merelokasi, yaitu PT Meiloon Technology Indonesia, PT Sagami Indonesia, PT CDS Asia, PT Kenda Rubber Indonesia, PT Denso Indonesia, PT Panasonic Manufacturing Indonesia, dan PT LG Electronics Indonesia. Lima dari tujuh perusahaan itu merelokasi pabrik dari China.

"Dari total perusahaan yang relokasi ada tujuh (pabrik) positif potensi itu sudah 60 sampai 70 persen, 116 potensinya. Nah khusus untuk yang masuk ke Batang masuk ke klaster 17 itu yang sudah konfirm itu tiga dari 17 itu," ucap Bahlil.

Sebelumnya, pemerintah telah menyiapkan sekitar 4.000 hektare lahan untuk dikembangkan menjadi Kawasan Industri Terpadu (KIT) Jawa Tengah. Perusahaan yang akan menanamkan modal usahanya di KIT tak perlu membeli tanah.

Khusus untuk menarik investor lebih banyak, KIT Batang akan menerapkan konsep baru. Para investor tidak perlu membeli lahan. Mereka bisa menyewa dalam jangka waktu panjang dengan melakukan kerjasama dengan Holding Perkebunan yang dikoordinasikan PTPN III (Persero).

Editor : Ranto Rajagukguk